POLA ASUH ORANGTUA DAN MINAT BELAJAR ANAK USIA 16-18 TAHUN
Abstract
Abstrak: Lingkungan yang paling dekat dengan individu adalah keluarga. Pola asuh orangtua sangatlah penting. Orangtua diharapkan dapat menerapkan Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam keluarga. Mengajarkan Firman Tuhan secara berulang-ulang (Ulangan 6:4-9). Keluarga adalah pemberian Tuhan, nilai keluarga sangatlah besar. Keluarga merupakan dasar dari pembentukan sikap dan perilaku seorang anak. Seperti ungkapan, bahwa jika seorang anak berada dalam lingkungan yang baik maka anak tersebut akan tumbuh dengan baik, begitu pula sebaliknya. Jika keluarga baik dan sehat maka masyarakat akan menjadi baik dan sehat pula. Kendala utama dalam proses belajar adalah adanya hubungan dua arah yang berjalan berdampingan. Hubungan dua arah yang dimaksudkan disini adalah antara anak dan orangtua di rumah, hendaknya menjadi pengajar sekaligus dan menjadi guru bagi anak dirumah (pemantau sejauh mata perkembangan belajar anak). Orangtua mesti memiliki pola asuh yang benar dan diyakini dapat meningkatkan minat belajar anak.
Full Text:
PDFReferences
Alkitab. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2008.
Baumrind, Diane. Pola Asuh dan Pola Kepemimpinan Orangtua Menentukan Prestasi Anak. Atrikel Madani (Mental Health Care Foundation), 2011.
Boehlke. R. R. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen 1,2, Jakarta: BPK Gunung Mulia,1997.
Dimyati dan Mudjiyono. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta Rineka Cipta, 2002.
Djaali. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Effendi, Usman. Pengantar Psikologi, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Gunarsa, S. D. Psikologi Remaja Dan Keluarga, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.
Homrighausen. E.G., dan Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.
Hurlock, E. B. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan, Jakarta: Erlangga, 1999.
Ismail, Andar. Selamat Ribut Rukun, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Kadarmanto. Ruth. Tuntunlah Kejalan yang Benar, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2005.
Kasan, Tholib. Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta: Studia Press, 2009.
Milla. J. V. Peran Keluarga dalam Pengajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Anak, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.
Rupp. A. N. Tumbuh Kembang Bersama Anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar, Bandung: Raja Grafindo Persada, 2010.
Sugiyono. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2010.
Sukmadinata. N. S. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2003.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999.
Usman, Uzer. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999.
Wahyuning. W. Jash., dan Metta. R. Mengkomunikasikan Moral Kepada Anak, Jakarta: Alex Media Komputindo, 2003.
www. shvoong.com. Definisi Siswa. Jakarta. 16 Maret 2011.
www.Google.com. blog herrystw. Pengertian Belajar Menurut Para Ahli, Jakarta. 23 Mei 2011
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.