Pentingnya Kajian Teks dan Konteks Alkitab oleh Guru dalam Pembelajaran PAK
Abstract
Abstrak
Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) merupakan sosok pahlawan yang pekerjaannya adalah memberitakan Injil melalui pengajarannya, berperang melawan kebohongan dan kekeliruan pengajaran dunia tentang Tuhan dan karya-Nya. Guru PAK merupakan para misionaris yang bergerak dibidang pendidikan. Guru PAK harus mempelajari dan mengkaji teks dan kontek Alkitab dengan cermat, sehingga dapat mengajarkan isi Alkitab dengan baik dan benar kepada peserta didiknya.Pendidikan Agama Kristen merupakan sarana bagi siswa untuk mengalami perjumpaan dengan Juru Selamat, maka cara yang paling efektif yang dipakai salah satunya adalah interaksi dinamis antara teks dan konteks dalam pembelajaran PAK. Sebagai pengajar kebenaran, guru PAK sudah seharusnya tahu banyak tentang apa dan bagaimana materi yang akan diajarkannya itu. Untuk mendukung kemampuan pengetahuan tersebut, maka guru PAK sudah sepatutnya meningkatkan kualitas pengetahuannya, baik secara formal maupun informal. Dalam memahami teks dan konteks guru PAK tidak perlu menjadi ahli tafsir Alkitab namun guru PAK diharapkan memahami dengan baik isi teks dan konteks Alkitab yang tercantum dalam pembelajaran PAK.Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mempelajari teks Alkitab dengan metode Induktif.
Full Text:
PDFReferences
Casque, W. W. (1980). The Pickering Bible For to Day. (G. C. Howley, Penyunting) London-Glasgow: Pickering dan Inglis.
Graedorf, W. C. (1988). Introduction to Biblical Christian Education. Chicago: Moody Press.
Groome, T. H. (2011). Christian Religion. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Hasugian, Johanes Waldes. “Kurikulum Pendidikan Kristen Bagi Orang Dewasa Di Gereja.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 5, no. 1 (2019): 36–54.
Hasugian, Johanes Waldes. Menjadi Guru PAK Profesional Melalui Supervisi Pendidikan Agama Kristen. 2nd ed. Medan: CV. Mitra, 2016.
Kristianto, P. L. (2006). Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI Ofset.
Lebar, L. E. (2006). Education That is Christian, Proses Belajar Mengajar Kristiani Dan Kurikulum Yang Alkitabiah. Malang: Gandum Mas.
Richard, R. (1997). Scripture Sculpture, Second Printing. Grand Rapids, Michigan: Baker Books.
Nasional PAK II dan Call For Papers. Ungaran.
Sidjabat, B. S. (2009). Mengajar secara Profesional: Mewujudkan Visi Guru Profesional. Bandung: Kalam Hidup.
Sidjabat, B. S. (2018). Pendidikan Kristen Konteks Sekolah. Bandung: Kalam Hidup.
Walshe, K. d. (2013). “Understanding ‘Religious Understanding’ In Religious Education”.British Journal of Religious, Vol. 35, No. 3: 313–325.
DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v5i1.46
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.