PENDIDIK KRISTEN PROFESIONAL, INSPIRATIF DAN MENARIK

Jannes Eduard Sirait

Abstract


All people, including educators and teachers who are assigned to perform the duties and responsibilities of educating, were created on purpose and was provided with special gifts to fulfill God’s mandate, Christian Educators, covering the teachers and lecturers who believe that Jesus Christ is Lord and Savior are responsible for the teaching of God and doing His words. That is why educators play a significant role and determine the continuity of education and learning. Educators are educational designers, implementers, assessors and a source of inspiration to learn as well. Thus, it is a must for Christian educators to be professional, inspiring and interesting in carrying out their duties. To realize it, they must optimally equip themselves with educational science. They should also keep on learning to develop their teaching skills and knowledge. By doing so, they will be capable and reliable in carrying out their duties and responsibilities consistently. Being capable of creating and designing various learning models, they will be professional, inspiring and interesting.

Abstrak: Semua manusia dicipta dan pasti menerima karunia khusus dari Tuhan untuk melakukan Amanat-Nya, salah satunya adalah menjadi pendidik dan pengajar. Pendidik Kristen yang dimaksud dalam tulisan ini adalah guru dan dosen yang beragama Kristen serta bersahadat pada iman bahwa Tuhan Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat. Mereka bertanggung jawab mengajarkan ajaran Tuhan dan melakukan kebenaran Allah.Itu sebabnya, komponen pendidik dalam pendidikan adalah penentu keberlangsungan pendidikan dan pembelajaran. Mereka adalah desainer pendidikan, pelaksana dan penilai serta sumber inspirasi belajar. Maka, pendidik Kristen dalam melakukan tugasnya dapat dipastikan harus profesional, inspiratif dan menarik. Sebab mereka sebelumnya telah membekali diri dalam ilmu kependidikan. Pembekalan diri tersebut menjadikan mereka mampu dan handal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara konsisten. Kemampuannya mencipta dan medesain berbagai model pembelajaran akan menjadikan dirinya profesional, inspiratif dan menarik.

Full Text:

PDF

References


A. M, Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali, 1990

Buchori, Mochtar. Pendidikan Antisipatoris, Yogyakarta: Kanisius, 2001

Cervero, Ronald M. Efektive Continuing Education for Professionals, San Francisco: Jossey Bass, 1998

Darmaningtyas. Pendidikan Pada dan Setelah Krisis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998

Dubin, Sherry L. dan Dubin, Samuel S. Maintaining Profesional Competence. Approaches to Career Enhancement, Vitality and Success Throughout a Work Life, San Francisco: Jossey-Bass Publishers, 1990

F. W, Arno. Introduction to Psycology, McGraw: Hill Book Company, 1977

Harefa, Andrias. Menjadi Manusia Pembelajar, Jakarta: Kompas, 2000

Hocking, David. Rahasia Keberhasilan Seorang Pemimpin, Yogyakarta: Andi Offset, 2001

Lengrand, Paul. Pengantar Pendidikan Sepanjang Hayat, Jakarta: Gunung Agung, 1981

Michael W. Galbraith dan Boni S. Zelenak, The Education of Adult and Continuing Education Profesional, Sanfrancisco: Jossey Bass, 1990

Naim, Ngainun, Menjadi Pendidik Inspiratif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Nashir, Haedar. Agama dan Krisis Kemanusiaan Modern, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999

Nurdin, Syafruddin. Pendidik Profesional dan Implementasi Kurikulum, Ciputat: Ciputat Press, 2005

Osborn, R. E. The Education of Minister for The Coming Age, Louis: CPB, 1987

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group, 2006

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1995

Singgih, Emanuel Gerit. Reformasi dan Transformasi Pelayanan Gereja Menyongsong Abad ke-21, Yogyakarta: Kanisius, 1996

Soetjipto dan Kosasi, Raflis. Profesi Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Stewart, Jim. Mengelola Perubahan Melalui Pelatihan dan Pengembangan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1997

Subagyo. Menjadi Profesional, Semarang: STBI, 2001

Sudjana, N. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Algesindo, 1998

Sukardjo dan Komarudin, Ukim. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya, Jakarta: Rajawali Press, 2009

Surakhmad, W. Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar, Bandung: Tarsito, 1982

Tomatala, Yakob. Kepemimpinan Yang Dimanis. Jakarta: YT. Leadership, 1997

Trull, Joe E.and Carter, James E. Ministerial Ethics: Being a Gong Minister in a Not So Good World, Nasville: Broadman & Holman Publishers, 1993

Yamin, Martinis dan Maisah. Standarisasi Kenerja Pendidik, Jakarta: Gaung Persada Press, 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.