PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEBAGAI KONSELOR BAGI PERUBAHAN PERILAKU REMAJA KELAS X-XI DI SMA NEGERI 48 JAKARTA TIMUR
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Konselor Bagi Perubahan Perilaku Remaja di SMA Negeri 48 Pinang Ranti Kelas X-XI. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hal ini dilakukan dengan pengumpulan data primer melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh melalui guru bidang studi PAK dan beberapa peserta didik SMA Negeri 48 Pinang Ranti. Melalui hasil penelitian membuktikan bahwa guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) adalah sosok yang berguna menolong orang lain untuk bertumbuh dalam pengetahuan.
Full Text:
PDFReferences
Ali, Mohammad. (2010). Bimbingan Belajar. Bandung: Sinar Baru.
Azwar, Supriatna. (2010). Sikap Manusia (Teori dan Pengukurannya). Yogyakarta: Pustaka Pelajar .
Boehkle, Robert. (2009). Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. Jakarta : BPK Gunung Mulia.
Brophy, Good. (1997). Qualities Of EffectiveTeacher. ASCD.
Dahlan, Muhtarom. (2016). Menjadi Guru yang Bening Hati. Yogyakarta: Deepublish.
Eng, James. (2011). Pengurusan Disiplin Murid. Malaysia: Professional Publishing.
Enklar, Hombrighausen. (2008). Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Esti, Sri. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Gunarsa, Singgih. (2003). Psikologi Praktis Anak, Remaja, Dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Hamdi, Saepul. (2014). “Metode PenelitiaN. Yogyakarta: Depublish.
Hayati, Endang,. (2015). “Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika.
Langer. (2000). “Balanced Leadership. Columbia University: Teachers Collage Press.
Laurens, Marcella, Joyce. (2004). “Arsitektur Dan Perilaku Manusia. Jakarta: Grasindo.
Lidya, Satya. (2008). “Menangkalkan Narkoba Dan Kekerasan. Cetakan Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka.
Luddin, Bakar. (2010). “Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Bandung : Perdana Mulya Sarana.
Monty, Sarwono. (2002). Metode Penelitian. Yogyakarta: Depublish.
Mulyana. (2010). Rahasia Menjadi Guru Hebat. Jakarta: Grasindo.
Peart, Campbell. (1999). Handbook For Qualities Of Effective Teachers. ASCD.
Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis Dan Praktis. Yogyakarta: Budi Utama.
Sri, Resminingsih. (2007). Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Menengah. Jakarta : Tim Mgbk .
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulastri, Sri. (1987). Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Bina Aksara.
Surbakti. (2009). Kenalilah Anak Remaja Anda. Jakarta: Gramedia.
Surbakti. (2010). Gangguan Kebahagiaan Anda Dan Solusin. Jakarta: Gramedia.
Surya, Mohammad. (2004). Bunga Rampai Guru Dan Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.
Wijanarko, Jarot. (2005). Mendidik Anak Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual. Jakarta: Gramedia.
Willson, Antonius. (2007). “Konseling Suatu Pendekatan Pemecahan-Masalah. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.