Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Kristen melalui Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Entitled of this research is “Blended Learning in Covid-19 Era”. The objective of this study was to find out whether or not the significant effect of Blended Learning on Students’ Achievement who have Different Self Regulated in the Covid-19 Era. This research used a quantitative descriptive design, where Blended Learning as the Independent variable and Students’ Achievement is the Dependent variable. The samples of this research were Students of PMK Halo Oleo University using purposive sampling. To collect the data, the researcher used IPK’s value on luring learning and IPK’s value on daring learning. The statistical method used Uji Paired Sample T-test, Uji Normality, Uji Homogeneity, and Uji Independent Sample T-test. Therefore, H0 was rejected and H1 was accepted or can be concluded that there was a significant effect of using Blended Learning on Students’ Achievement who have Different Self Regulated in the Covid-19 Era.
Abstrak
Penelitian ini berjudul “Blended Learning di Era Covid-19”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara Blended Learnig terhadap Prestasi Belajar Siswa yang Memiliki Self Regulated yang berbeda di Era Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dimana Blended Learnig adalah variabel independen sedangkan Prestasi Belajar adalah variabel dependen. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa PMK Universitas Halu Oleo dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data diakukan dengan cara membandingkan nilai IPK pada saat luring dengan IPK pada saat daring. Metode statistik mengunakan Uji Paired Sample T-Test, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Independent Sample T-Test (Uji Hipotesis). Hasil yang diperoleh adalah H0 ditolak dan H1 diterima atau dengan kata lain ada hubungan yang signifikan antara Blended Learnig terhadap Prestasi Belajar Siswa yang Memiliki Self Regulated yang berbeda di Era Covid-19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Praktek Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Avgerinou, Maria D. “Blended Collaborative Learning for Action Research Training.” 4, no. 1 (2008): 17–36.
Banggur, Maria Dissriany Vista. “Blended Learning: Solusi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2020): 22–29.
Fathurrahman, M.Sulistyorini. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras, 2012.
Hamalik, O. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumu Aksara, 2008.
Husamah, S.Pd. Pemebalajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face to Face, E-Learning Oflline-Online Dan Mobile Learning. Malang: Prestasi Pustaka, 2014.
Ibrahim, Nurdin. “Impact of Internet Media Use to Facilitate Learning for Secondary School Student.” thannual (2004): 76.
Khusniyah, Nurul Lailatul, and Lukman Hakim. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Tatsqif 17, no. 1 (2019): 19–33.
Kukulska, Hulme, Agnes. Mobile-Assisted Language Learning. Encycopedia of Applied Linguistics. Blackwell Publishing, 2012.
Oktaria, S D, A Budiningsih, and E Risdianto. “Model Blended Learning Berbasis Moodle.” Bogor: Halaman Moeka Publishing (2018).
Sjukur, Sulihin B. “Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Tingkat SMK.” Jurnal pendidikan vokasi 2, no. 3 (2012).
Slameto. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Wardani, Deklara Nanindya, Anselmus J E Toenlioe, and Agus Wedi. “Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 1, no. 1 (2018): 13–18.
Wedan, M. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli. Silabus Me., n.d.
DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v6i2.124
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
| ![]() |
View Regula Fidei Stats