Penerapan Kurikulum Learner Centered Design Untuk Meningkatkan Partisipasi Remaja Usia 15-17 Tahun dalam Pelayanan Koinonia

Sarah Gracia Tobing, Jefrit Johanis Messakh, Ferderika Toulasik

Abstract


Kurikulum merupakan alat yang didalamnya terdapat seperangkat pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan di suatu lembaga pendidikan sehingga kurikulum sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan demi ketercapaian suatu tujuan. Pendidikan tidak hanya dilakukan di sekolah, tetapi, juga dapat dilakukan di gereja. Namun, permasalahan yang sering muncul adalah terdapat gereja belum memiliki kurikulum dalam melaksanakan Pendidikan Agama Kristen dan kesulitan dalam menerapkan kurikulum yang dirancang sehingga aktivitas pembelajaran di gereja tidak berjalan dengan teratur untuk mencapai suatu tujuan.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kurikulum Learner Centered Design dapat meningkatkan partisipasi remaja dalam pelayanan koinonia. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil penelitian adalah dengan menggunakan desain kurikulum Learner Centered Design dapat meningkatkan partisipasi remaja usia 15-17 dalam pelayanan koinonia.

Keywords


Learner Centered Design; Partisipasi Remaja; Pelayanan Koinonia

Full Text:

PDF

References


Boiliu Melkias Fredik, Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Student Centered Learning di Sekolah, Jurnal Education And Development, 2021.

Dariyo Agoes. Psikologi Perkembangan Remaja: Bogor Galia Indonesia, 2004.

Doyle Terrry. A Guide Facilitacing Learning in Higher Education, Stylus: LLC, 2018.

Dame Taruli Simamora Taruli Dame & Gultom Risda. Pendidikan Agama Kristen Kepada Remaja dan Pemuda: Medan Mitra 2011.

E.G. Homrighausen dan I. H. Enklaar, Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2005.

Fatimah Enung. Psikologi Perkembangan: Bandung Pustaka Setia, 2006.

Humaedah, Desain Pengembangan kurikulum, P-ISSN 2620-861X E-ISSN 2620-8628.

Hurlock Elizabet B. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan: Jakarta Erlangga, 1999.

Kristina Herawati, Penting Pendidikan Agama Kristen Bagi Etiket Pergaulan Anak, JURNAL: Scripta Teologi dan Pelayanan Kontekstual, 2016.

L.McCombs Barbara, Lynda Miller, The School Leader’s Guide to Learner Centered Education California:Corwin Press, 2009 .

Ma’ruf Amar. Teori dan Desain Kurikulum Pendidikan di SD-SMP-SMA di era Globalisasi. EJIM: Surabaya, 2021.

Mahdiah. Remaja da`wah Islam dan perjunagan Jakarta: Kalam Hidup, 1993.

Nun Arifah Mir’ atun. Relevansi Pemikiran Ibnu Miskawaih dengan Kurikulum. El-Hikmah. Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 2018.

Paulus Lilik Kristanto, Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen Yogyakarta:ANDI,2006.

Raymond M. Ridgon dan Howard P, Colson. Understanding Your Church’s Curriculum, Nashville: Broadmann Press, 1981.

Surbakti E.B., Kenalilah Anak Remaja anda. Jakarta: IKAPI, 2009.

Simanjuntak Junihot. Implikasi Konsep dan desain Kurikulum dalam Tugas Pembinaan Warga Jemaat Jurnal Jaffray, 2014.

Sudarsono. Kamus Filsafat dan Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2004.

Stott John. Otentik adalah Persekutuan Trinitarian Cichago: Moody Press, 2004.

Thomas H. Groome, Christian Religious Education: Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2015.

Titih Huriah, Metode Students Center Learning, Jakarta: Kencana, 2018.

Tompul, Esther Bessie, Elsudarma S. Helena, Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Remaja Menggunakan Pembelajaran Yang Berpusat Pada Peserta Didik, JURNAL: Shanan. Vol. 11, No. 3, 2022.

Wycoff D. Campbell, Theory and Design of Christian Education Curriculum Philadellphia:The Wesmister Press, 1961.




DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v9i1.188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.