Metodologi Filsafat dalam Pendidikan Agama Kristen

Meiske Waty Brek, Dyoys Anneke Rantung, Lamhot Naibaho

Abstract


Dalam era modern saat ini, pendidikan agama menghadapi tantangan dalam menyampaikan ajaran-ajaran agama dengan lebih mendalam dan reflektif. Metodologi filsafat menawarkan kerangka kerja yang cocok untuk menganalisis dan merumuskan pertanyaan-pertanyaan fundamental tentang kepercayaan, keyakinan, dan nilai-nilai dalam agama Kristen. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metodologi filsafat dalam Pendidikan Agama Kristen memiliki manfaat yang signifikan. Melalui pendekatan ini, peserta didik dapat belajar untuk menganalisis dan mempertanyakan keyakinan dan nilai-nilai Kristen secara kritis. Mereka juga dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang makna dan implikasi ajaran agama Kristen dalam kehidupan sehari-hari. Metodologi filsafat juga mendorong refleksi pribadi yang lebih dalam dan membantu peserta didik dalam menghadapi konflik moral dan dilema etis.

Keywords


Metodologi; Filsafat; Pendidikan Agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Widianto, A. Analisis Sejarah dalam Filsafat: Pendekatan dan Manfaatnya dalam Kajian Filsafat.

Jurnal Filsafat, Vol. 29, No. 2 (2019): 197-212.

Prasetya, B. Analisis Bahasa dalam Filsafat: Studi terhadap Pemikiran Ludwig Wittgenstein.

Jurnal Filsafat, Vol. 28, No. 2, (2018): 163-182.

Nugroho, D. H. Pemikiran Eksperimental dalam Filsafat: Konsep dan Aplikasinya. Jurnal

Filsafat, Vol. 24, No. 1 (2014): 1-22.

Qomaruddin, D. Pendidikan Multikultural dan Multireligius: Tantangan dan Peluang, (Bandung:

PT Mizan Pustaka, 2016).

Thabroni, Gamal. Metode Filsafat – 10 Contoh & Penjelasan Lengkap;

https://serupa.id/metodefilsafat-10-contoh-penjelasan-lengkap/ Maret, 2022.

Hamersma, Harry. Pintu Masuk ke Dunia Filsafat, (Yogyakarta: Kanisius, 1981).

Khoe Yao Tung, Pendidikan Kristen, (Yogyakarta: ANDI, 2013).

Hidayatullah, N. Logika Deduktif dalam Filsafat: Pengantar dan Penerapan Argumen Deduktif.

Jurnal Filsafat, Vol. 26, No. 1 (2016): 57-72.

Nazir, M, Metode penelitian, Ghalia Indonesia, 2003.

Sijabat, Samuel B. Strategi Pendidikan Kristen, (Yogyakarta: Andi Offset, 1994).

Sidabutar, H. Filsafat Ilmu Pendidikan Agama Kristen dan Praksisnya bagi Agama Kristen Masa Kini. PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen, Vol. 1, No. 2 (2020): 85-101.

Titus, et.al., Persoalan-persoalan Filsafat, (Jakarta: Bulan Bintang, 1984).




DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v9i1.182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.